Brooder

Jalan hidup manusia itu ternyata sangat variatif ya. Masalah akan selalu mengintai selama kita masih hidup di dunia ini. Setelah semua yang kita inginkan berhasil kita dapatkan, tak terduga masalah baru akan muncul dan bahkan masalahnya pun benar-benar di luar nalar kita. 

Perjalanan hidup semestinya memang membawa manusia kearah lebih dewasa, artinya lebih bisa mengatur emosi, pikiran, dan tindakan. Tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Berpikir dua kali sebelum berbicara, maupun bertindak. Aku sendiri melewati begitu banyak permasalahan yang begitu pelik selama hidup. Up and down itu pasti. Tapi aku bersyukur bisa bertahan sampai detik ini. 

Banyak orang yang easy judge bahwasannya aku hidupnya enak. Enak di mata mereka. Tidak banyak yang tahu jalan hidupku. Bahkan tidak satupun teman yang tahu detail tentang kehidupanku. Bukan berarti tidak percaya, walaupun mereka semua baik. Bukan berarti tidak berani walaupun mereka akan menerima. Ini hanya permasalahan psikologis yang tidak semua orang siap untuk sharing perjalanan masa lalunya. 

Pernah aku bercerita "hanya" salah satu bagian permasalahanku ke temanku karena dia selalu mengeluh tentang hidupnya. Tentang masalahnya yang menurutku bahkan tidak sampai 5% dari permasalahn hidupku. Dia minta maaf. Dia sadar, permasalahan dia tidak seberapa. Akhirnya dia kembali bersyukur. Memang betul kata guruku, bahwasannya ilmu ikhlas adalah ilmu yang paling susah untuk dipelajari karena hanya pengalaman yang bisa mengajarkan.

Hari ini aku jauh dari keluargaku. Mungkin yang benar "mencoba menjauhkan diri dari keluarga". Bukan berarti aku tidak sayang mereka. Untuk yang satu ini aku susah untuk mendeskripsikan alasanku. Mungkin aku hanya butuh waktu sendiri. Menjauhkan diri dari lingkungan orang-orang yang mengenalku. Membatasi diri dengan orang-orang tertentu, dan membatasi diri untuk post/share mengenai aktivitasku disini, tidak seperti dulu lagi. Aku pribadi extrovert yang menjadi introvert disini. Mungkin akan kembali, it depends with the condition. Aku sudah nyaman dengan ini.

Denpasar, October, 2nd 2019

Komentar